Dinas Kehutanan Papua Barat : Kegiatan Seminar Nasional Sistem Pengelolaan Hutan Lestari Dengan Tema "Sistem Pengelolaan Hutan Yang Tepat Menjamin Kelestarian Hutan" Di Provinsi Papua Barat Pada Tanggal 2 - 3 Desember 2013 di Hotel Valdos Manokwari

Potensi Investasi

Login





Designed by: @dishut Provinsi Papua Barat

Dinas Kehutanan Papua Barat
Visi Dan Misi Dishut Papua Barat
Ditulis oleh Administrator   
Rabu, 09 Januari 2013 07:14

Dalam rangka menyelaraskan penyelenggaraan pembangunan kehutanan yang menjadi bagian dari proses pembangunan nasional serta mencermati visi dan misi pemerintahan Provinsi Papua Barat, maka pernyataan visi Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Papua Barat adalah:

 

“ TERWUJUDNYA PENYELENGGARAAN KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN YANG MAJU MENJAMIN PENGELOLAAN HUTAN DAN KEBUN YANG LESTARI BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT “

 

Visi tersebut mengandung makna bahwa


Dinas Kehutanan dan Perkebunan akan menyelenggarakan kegiatan kehutanan dan perkebunan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan didukung oleh SDM yang handal serta sarana dan prasarana yang memadai.



Untuk mencapai Visi tersebut, dirumuskan Misi yang menjadi gambaran semua pihak di jajaran Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Papua Barat sebagai berikut :

1. Meningkatkan kompetensi SDM, sarana dan prasarana dalam mendukung penyelenggaraan kehutanan dan perkebunan di Papua Barat secara optimal.

2. Memelihara dan meningkatkan fungsi dan daya dukung daerah aliran sungai (DAS) sehingga dapat meningkatkan optimalisasi fungsi ekologi, ekonomi dan sosial DAS.

3.  Memantapkan kepastian status kawasan hutan serta kualitas data dan informasi kehutanan.

4.  Meningkatkan pengelolaan hutan produksi lestari (PHPL) untuk memperkuat kesejahteraan rakyat sekitar hutan dan keadilan.

5.  Menetapkan penyelenggaraan perlindungan dan konservasi sumber daya alam.

6. Menyelenggarakan kegiatan perkebunan yang handal sehingga dapat meningkatkan kualitas produk perkebunan.

7.  Meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani hutan dan kebun melalui pemberdayaan masyarakat.